5 Jurus Sistem Pendidikan Finlandia Terbaik Dunia

www.siswanesia.com

Photo by Baptiste Valthier from Pexels

 

Tahukah kamu negara dengan system penddikan terbaik dunia? Neraga Finlandia. Negara dengan jumlah penduduk kurang lebih 5,5 juta ini disebut-sebut memiliki system Pendidikan yang baik. Banyak masyarakat dunia penasaran dengan system Pendidikan yang diterapkan oleh Finlandia. Hal ini berkat kerja keras pemerintah dan Lembaga riset yang telah meneliti Pendidikan selama bertahun-tahun.

Sebelum pesertadidik menjalani Pendidikan sekolh formal, ana-anak Finlandia belajar bagaimana menjad anak yang sesungguhnya. Bermain bersama teman, belajar mengolah emosi dan masih banyak lagi yang mereka pelajari diusia dini.

Berikut adalah fakta-fakta system Pendidikan Finlandia.

 

Baca : Diduga Tewas Karena Terbebani Tugas Sekolah Daring

Wajib Belajar Hanya 9 Tahun

Berbeda dengan Indonesia, Finlandia mewajibkan anak-anak bangsanya untuk bersekolah minimal 9 tahun. Sebelum masuk sekolah formal pesertadidik akan dititipkan di daycar tan TK. Setelah menginjak usia tujuh tahun, anak-anak baru diperbolehkan masuk sekolah formal. Pada tahap ini semua biaya Pendidikan ditanggung pemerintah alias gratis.

Sekolah favorit di Finlandia adalah sekolah vokasi. terbukti dengan 43% siswa di Finlandia mengenyam Pendidikan di sekolah vokasi. dari sekolah vokasi ini siswa lulus pada usia 16 tahun. Setalah lulus siswa akan bebas memilih untuk melanjutkan Pendidikan atau bekerja.

Fokus Pendidikan

Finlandia membiayai segala urusan Pendidikan baik dasar hingga atas. Maka dari itu Finlandia tidak memiliki sekolah swasta. Hal ini efektif mengurangi kesenjangan Pendidikan. Tidak memberlakukan ranking sekolah, daerah hingga ranking guru dan siswa. Kunci kesuksesan di Finlandia adalah Kerjasama bukan kompetisi.

 

Baca : Ibu Risma Luncurkan Kampung Pendidikan Kampunge Arek Suroboyo

Jeda Waktu Saat Belajar

Untuk medapatkan peforma terbaik dari siswa dalam proses belajar, Finlandia memberlakukan waktu istirahat yang Panjang bagi siswanya. Finlandia menerapkan 45 menit waktu belajar dikelas dan diteruskan dengan istirahat selama 15 menit. Jika ditotal waktu istirahat siswa dalam satu hari belajara adalah 75 menit.

 

Beban PR yang sedikit

Finlandia menerapkan kurikulum yang berbeda dengan kurikulim negara lain. Dinegara ini guru memiliki kebebasan untuk menentukan gaya belajar mereka sendiri. Guru di Finlandia tidak banyak memberikan pekerjaan rumah (PR) kapada siswanya. mereka mempercayai bahwa kegiatan belajar mengajar disekolah sudah cukup padat. Jadi tidak perlu banyak pekerjaan rumah.

 

Baca : Tamansiswa Tetap Tolak Pendidikan Ikut Masuk UU Cipta Kerja

Kualitas Pendidik

Pekerjaan sebagai guru di Finlandia sangatlah mulia. Guru-guru ini sangat dihormati dinegaranya dengan gaji yang tinggi dibandingakan negara lain. Namun Finlandia sangat memperhatikan kualitas guru. seorang guru di negara Finlandia minimal harus bergelar master. Tidak hanya itu kualifikasi untuk menjadi seorang guru sangatlah ketat.

 

Sumber : Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *