5 Jurusan dengan Prospek Kerja Tinggi Tidak Terdampak Pandemi

www.siswanesia.com

Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

 

Pada masa pemi Covid-19 banyak hal yang berubah. Tidak hanya pada sektor kesehatan hal tersebut berdampak pada sektor pendidikan. Salah satu contohnya dalah perubahan pada sistem pengajaran yang ada disekolah dan dikampus. Pengajaran dari metode tatap muka beralih ke virtual. Selain itu juga berdampak pada ekonomi masyarakat yang sulit membuat banyak siswa merancang kembali masa depannya.

Banyak siswa yang kembali memikirkan jurusan yang sesuai pada masa pandemi ini. hal tersebut berpatokan pada prospek pekerjaan apa yang ingin didapatkan setelah lulus kuliah nanti.

 

Baca : Pendidikan Vokasi Bisa Bantu UMKM Lawan Pandemi

 

Berikut adalah lima jurusan yang banyak diminati dirangkum selama masa pendimi ini.

1. Teknik Informatika

Dengan berdampaknya pandemi membuat banyak masyarakat lebih banyak menggunakan teknologi informasi. Baik pada pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Dengan begitu teknologi informasi akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Prospek kerja pada jurusan ini cukup menjanjikan. Karena saat ini banyak perusahaan yang bergerak pada bidang teknologi bermunculan. Perusahaan ini tentunya memiliki visi untuk berkembang sehingga membutuhkan banyak Sumber Daya Manusia pada bidak teknik informatika.

 

Baca : Beasiswa Bank BCA Kuliah Gratis dan Jaminan Kerja!

 

2. Keperawatan

Tidak heran lagi kenapa jurusan ini menjadi pilihan banyak calon sarjana. Tenaga medis tentu sangat dibutuhkan apalagi pada masa pandimi seperti ini. Tenaga medis diperkirakan akan meningkat sebanyak 7 persen. Terlebih saat ini Keperawatan akan dilanjutkan agar dapat bekerja dengan data dan menejemen.

 

www.siswanesia.com

Foto oleh EVG Culture dari Pexels

 

3. Cybersecurity

Kejahatan tidak hanya terjadi pada dunia nyaja saja. Kejahatan didunia maya sebenarnya banyak terjadi. Hal tersebut karena tejandinya perang antara sistem dengan sistem sehingga sistem mana yang lebih kuat akan dapat bertahan. Maka dari itu kenapa ini harus dipelajari. Karena meningkatnya penggunaan teknologi pada masa pandemi ini. risiko kejahatan cyber juga akan meningkat. Apalagi sekarang banyak transakasi jual beli yang dilakukan secara online. kebutuhan akan tenaga keamanan dunia maya akan semakin banyak dibutuhkan. Apa lagi profesi ini tidak terdampak signifikan oleh pandemi.

 

Baca : Indonesia Jadi Pionir Pendidikan Dengan Program Merdeka Belajar

 

4. Sistem Informasi

Sedikit berbeda dengan teknik informatika, jurusan Sistem Informasi memiliki kekususan yaitu menggabungkan ilmu manajemen, bisnis dan ilmu komputer. Peluang kerja untuk jurusan ini juga terbuka lebar seiring kebutuhan teknologi dimasa depan.

Prospek kerja dari jurusan ini di antaranya application engineer, konsultan IT, programmer, dan digital marketing. Jika kamu ingin kuliah sistem informasi, kamu dapat memilih Universitas Nusa Mandiri. Kampus IT satu ini juga membuka kesempatan untuk calon mahasiswa mendapatkan beasiswa kuliah.

5. Bisnis Digital

Program studi Bisnis Digital masih jarang ditemukan di Indonesia. Jurusan ini mempelajari tentang bisnis yang dikembangkan dengan teknologi digital. Mahasiswa pada program studi ini mempelajari tentang start-up digital, big data, marketplace hingga artificial intelligence (AI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *