Artificial Intelligence (AI), Sistem Canggih Untuk Pendidikan Serasa Jarvis

Siswanesia – Tahun 2020 adala jamannya teknologi informasi berkembang diberbagai bidang termasuk Pendidikan. Sekarang sector Pendidikan sudah mulai memasukkan unsur teknologi didalam system belajar mengajarnya. Salah satu teknologi terbaru yang kali ini diterapkan pada sektopr Pendidikan adalah Artificial Intelligence (AI).

Artificial Intelligence (AI) mulai merambah sector Pendidikan dasar hingga Pendidikan tinggi. Artificial Intelligence (AI) diakini dapat membantu manusia untuk belajar lebih baik dan mencapai tujuan pendidikan dengan lebih cepat.

 

Baca : Covid-19 Sebabkan Darurat Pendidikan di Indonesia

Proses belajar manusia sangatlah beragam dan berbeda antara satu dan lainya. Manusia dengan kekuatan diotak bagian kirinya akan berbeda denan mereka yang memiliki kekuatan diotak kanannya. Belum lagi mereka kaum difabilitas yang memiliki kendala dalam belajar. Berukut adalah Artificial Intelligence (AI) dibidang Pendidikan.

 

Personalisasi Berbasis Artificial Intelligence (AI)

Penerapan AI pada sector ini adalah memungkinkan AI untuk bisa membuat learning profile untuk setiap murid. Jadi AI akan menyesuaikan materi pembelajaran dengan kemampuan, cara balajar, dan pengalaman yang bebeda untuk setiap murid.

Sistem Artificial Intelligence (AI) juga dapat dimanfaatkan sebagai education assistant seperti bot. ini menjadikan siswa memiliki pendamping virtual yang akan membantu dalam proses belajar. Dengan education assistant siswa dapat beradaptasi sehingga siswa akan bisa belajar dengan kecepaan yang disesuaikan dirinya sendiri.

 

Baca : Kartu Indonesia Pintar Bukan Alat Meningkatkan Mutu Siswa

 

Voice Assistant

Voice Assistant pada Artificial Intelligence (AI) membantu siswa untuk berkomunikasi dengan guru layaknya dikelas tanpa harus bertatapmuka. Teknologi ini sekarang sudah ada dipasaran seperti Amazon Alexa, Google Home, Apple Siri, dan Microsoft Cortana.

Contoh penerapan Voice Assistant ditingkat perguruan tinggi adalah sebagai pemberi informasi seputar lingkungan kambus. Dengan begitu penduduk kampus tidak perlu lagi untuk membawa buku panduan kampus atau membuang waktu untuk membuka situs resmi kampus untuk melihat informasi yang dibutuhkan.

Contoh penerapan seperti ini ditemui di Arizona State University, AS. Universitas memberikan Amazon Alexa kepada tiap mahasiswa baru agar dapat memperoleh informasi seputar kampus pada waktu yang tepat dan lebih detail.

 

Baca : 7 Program Unggulan Kemendikbud Tahun 2021

 

Tugas-tugas Administratif

Di luar urusan pengajaran, para pendidik juga menghadapi tantangan pengelolaan kelas dan tugas-tugas lain. Tak jarang pendidik terbebani dengan tanggung jawab yang tidak terkait pengajaran, misalnya membuat laporan, isu-isu SDM, pemesanan barang-barang kebutuhan kelas, merespon orang tua murid, dan lain-lain.

Contoh penerapan AI di sini adalah mengelola aktivitas back office. Misalnya, sistem AI digunakan untuk membuat penilaian dan memberikan respon terpersonalisasi kepada tiap murid. Tugas-tugas yang sifatnya rutin dan repetitif juga dapat diserahkan pada sistem AI. Bahkan AI dapat menjadi lini terdepan dalam merespon orang tua murid dengan memberikan akses ke sumber-sumber informasi yang dibutuhkan orang tua, bahkan memberikan feedback kepada orang tua murid untuk hal-hal yang bersifat rutin. Sementara guru dapat lebih memperhatikan kebutuhan murid yang lebih memerlukan perhatian langsung.

Dan tentu saja sistem AI dapat dimanfaatkan institusi pendidikan untuk tugas-tugas administrative, seperti budgeting, penerimaan murid baru, pengelolaan SDM, aktivitas pembelian barang, pengelolaan pengeluaran, dan pengelolaan fasilitas pendidikan.

Sistem cerdas berbasis AI diyakini dapat membantu institusi pendidikan meningkatkan efisiensi, memangkas biaya operasional, memberikan visibilitas yang lebih komprehensif terhadap pemasukan dan pengeluaran, dan meningkatkan kemampuan merespon permintaan dengan cepat.

 

Sumber : Infokomputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *