Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Kembali Hadir

www.siswanesia.com

Foto oleh Caio dari Pexels

 

Pernah menikmati bantuan Kuota Gratis dari Kemendikbud?. Kali ini program tersebut akan dilanjutkan lagi. Program ini akan dilanjutkan oleh Mendikbud menyusul PPKM yang diperpanjang diberbagai wilayah di Indonesia. Artinya perserta didik harus kembali melaksanakan pembelajaran secara daring.

Kementerian keuangan (Kemenkeu), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ( Kemendikbud Ristek) dan Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama untuk menggulirkan program ini. dari hasil kerja sama tiga kementerian ini ditetepkan pada Ranu, 4 Agustus 2021 Program Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2021 resmi dilanjutkan.

 

Baca : Ternyata Inilah Spesifikasi Asli Laptop Viral 10 Juta Kemendikbud

Menurut Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, bantuan ini akan mulai dibagikan kapada peserta didik, guru dan dosen bulan depan. Yaitu bulan September, Oktober dan November 2021. Lebih detailnya pembagian bantuan akan dilakasanan pada tanggal 11 sampai 15 di setiap bulannya.

“Bantuan kuota data internet pendidikan ini berlaku selama 30 hari sejak diterima,” kata Nadiem.

Besaran kuotanya sendiri masing – masing sebagai berikut :

– Peserta didik jenjang PAUD sebesar 7 GB / bulan.
– Peserta Didik jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah 10 GB / bulan.
– Pendidik jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah 12 GB / bulan.
– Dosen dan Mahasiswa 15 GB / bulan.

Kuota yang dibagikan berupa kuota umum yang dapat mengakses seluruh laman atau aplikasi. Namun ada batasan situs yang telah diblokir pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Yaitu situs sosial network, game dan video apps. Berikut adalah dafatar situs dan aplikasi yang tidak dapat diakses menggunakan kuota kemendikbud. Cek Disini.

 

Baca : Program Beasiswa Magang Bersertifikat Kampus Merdeka

 

Persyaratan

Penerima bantuan kuota data internet baru pada 2021 ini sendiri disyaratkan sebagai berikut :

1. Peserta Didik pada PAUD dan jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
a. Terdaftar pada aplikasi Dapodik; dan
b. Memiliki nomor ponsel aktif atas nama peserta didik / orang tua / anggota keluarga / wali.

2. Pendidik pada PAUD dan jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
a. Terdaftar di aplikasi Dapodik dan berstatus aktif; dan
b. Memiliki nomor ponsel aktif.

3. Mahasiswa
a. Terdaftar di aplikasi PDDikti, berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang menuntaskan gelar ganda (double degree);                        b. Memiliki Kartu Rencana Studi pada semester berjalan; dan
c. Memiliki nomor ponsel aktif.

4. Dosen
a. Terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif;
b. Memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP); dan
c. Memiliki nomor ponsel aktif.

 

Baca : 5 Jurusan dengan Prospek Kerja Tinggi Tidak Terdampak Pandemi

 

 

Pendaftaran

Kuota bantuan ini dapat didapatkan ketika kamu telah didaftarkan olah pimpinan satuan pendidikan di sekolahmu. Jika belum terdaftar sebaiknya kamu melaparkan kepada pimpinan satuan pendidikan di tempatmu untuk dapat didaftarkan dengan mengajuan SPTJM melalui Verval Ponsel atau Koutadikti.  atau .

Pengusulan SPTJM pimpinan satuan pendidikan dibulan Agustus maka siswa akan menerima Bantuan Kuota Internet pada bulan September 2021.

Jika pengusulan SPTJM oleh operator / pimpinan satuan pendidikan dilakukan September 2021, bantuan kuota data internet akan diterima Oktober 2021.

Begitu pun kalau operator / pimpinan satuan pendidikan mengusulkan SPTJM pada Oktober 2021, bantuan kuota data internet akan diterima November 2021.

 

Baca : Beasiswa Bank BCA Kuliah Gratis dan Jaminan Kerja!

Bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen yang nomornya berubah atau belum menerima bantuan kuota data internet sebelumnya, baru dapat menerima bantuan paket kuota mulai bulan berikutnya.

Untuk ini, calon penerima melapor kepada pimpinan satuan pendidikan untuk mendapat bantuan kuota data internet.

Pimpinan / operator satuan pendidikan lantas mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) untuk nomor baru atau nomor yang berubah pada laman http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk jenjang PAUD, dikdas, dan dikmen) atau http://kuotadikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *