Catat! Jadwal Lengkap SBMPTN Tahun 2021

www.siswanesia.com

Photo by fauxels from Pexels

 

Siapa yang sudah mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021? Jangan sampai melewatkan kesempatan bagus ini ya. Bisa dikatakan, SNMPTN adalah jalur masuk Perguruan Tinggi paling mudah daripada jalur yang lainya seperti SBMPTN dan jalur mandiri. Namun tentu saja peminatnya cukup banyak.

Pendaftaran SNMPTN telah berlangsung dari tanggal 15 hingga 24 Februari 2021 kemarin. Hasil seleksi SNMPTN akan diumumkan pada tanggal 22 Maret 2021. Pengumuman akan di publikasi melalui website resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bisa diakses di sini.

 

Baca : Pendidikan Kembali Normal Usai Vaksinasi PTK

 

SBMPTN

Setelah jalur penerimaan melalui SNMPTN ditutup tahap selanjutnya adalah SBMPTN. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. SBMPTN adalah seleksi yang dilakukan secara bersama di perguruan tinggi yang telah ditentukan. Salah satu perbedaannya dengan SNMPTN adalah bentuk seleksinya. Jika SNMPTN menggunakan nilai raport dari semester satu hingga semester lima. Untuk SBMPTN menggukan tes tulis.

SBMPTN ditujukan untuk kamu yang belum berhasil masuk ke Perguruan Tinggi melalui jalur SNMPTN. Selain itu juga ditujukan untuk angkatan sebelumnya yang juga belum berhasil masuk ke perguruan tinggi yang dituju. Semua peserta SBMPTN akan dikumpulkan pada Perguruan Tinggi penyelenggara untuk lakukan tes secara bersamaan.

 

Baca : EMIS 4.0 Transformasi Pendidikan Digital Dari Kemenag

Semua peserta SBMPTN akan menjalani tes UTBK yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Ujian ini akan dilaksanakan menjadi dua gelombang yaitu gelombang satu dan gelombang dua. Kamu diharuskan memilih Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan UTBK. Pilihlah yang paling dekat dengan tempat tinggalmu. Meskipun tujuan masuk perguruan tinggi bukan di perguruan tinggi tersebut.

 

Baca : Jawa Timur Tembus Satu Juta Pendaftar SNMPTN 2021

Berikut adalah jadwab pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2021 :

  1. Registrasi Akun LTMPT : 07 Februari – 12 Maret 2021
  2. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN : 15 Maret – 01 April 2021
  3. Pelaksanaan UTBK : Gel 1 : 12 – 18 April 2021 dan Gel 2 : 26 April – 02 Mei 2021
  4. Pengumuman Hasil SBMPTN : 14 Juni 2021

Catat tanggalnya, kesempatan tidak datang dua kali gaes.

Tags:,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *