Lulusan Pendidikan Indonesia Belum Siap Pakai di Dunia Industri

www.siswanesia.com

CEO Media Group Mirdal Akib. Istimewa

 

Pendidikan seharusnya dapat menjamin seseorang memperoleh keberhasilan didunia kerja. Pernyataan tersebut disampaikan oleh CEO Media Group Mirda Akib, beliau menyebut bahwa system Pendidikan Indonesia butuh pembaruan, yang paling utama adalah tentang kebutuhan duania industry 4.0.

 

Baca : Asesemen Nasional Malah Manjadi Beban Warga Pendidikan Indonesia

 

“Link and match antara dunia kampus dan kerja makin ke sini semakin jauh. Sekarang mereka melamar pekerjaan yang sudah tidak ada, akuntansi misalnya, sekarang sudah pakai sistem aplikasi,” kata Mirdal dalam diskusi daring, Sabtu, 7 November 2020.

Dari pengamatan Mirda mayoritas lulusan baru (fresh graduate) belum siap pakai. Karena, siswa yang duduk di bangku Pendidikan tidak dibekali dengan praktik yang sesuai dengan kebutuhan industry yang relevan.

“Dosen zaman saya kuliah sampai sekarang masih sama, buku yang dibaca 20-30 tahun lalu, dosennya 10 tahun lalu, bagaimana bisa mempersiapkan anak-anak untuk 20 tahun yang akan datang?,” tanya Mirdal.

 

Baca : Negara Lain Tertarik Program Kouta Balajar Dari Kemendikbud

 

Dunia Pendidikan membutuhkan trobosan baru untuk meningkatkan lulusan yang memiliki kompentensi didunia industry. Dengan skill yang kompeten didunia industry generasi muda akan dapat bersaing dengan sehat.

“Pengalaman kami di Media Group, fresh graduate itu perlu training lagi enam bulan melalui development program. Baru setelah itu terjun ke lapangan,” ucap dia.

 

Sumber : Medcom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *