Melihat Perkembangan Pendidikan Dari Teknologi Virtual Reality

www.siswanesia.com

Photo by Eugene Capon from Pexels

 

Selama 20 tahun terakhir peneliti telah meneliti perihal penggunaan Virtual Reality pada pendidikan. Nantinya penerapan Virtual Reality ini utuk jenjang sekolah dan perguruan tinggi.

Kurang lebih sebanyak 149 makalah penelitian terkait Virtual Reality telah diperiksa. Dari tahun 2000 hingga tahun 2019. Hasil pemeriksaan makalah telah tersimpan di data akademis.

 

Baca : Nadiem Makarim Ingatkan Dosa Besar Pendidikan Yang Harus Dihapus

Menerut peneliti, teknologi Virtual Reality ini telah diterapkan secara luas di pendidikan tinggi dari pada di jenjang sekolah.
Dampak yang paling berasa setelah menerapkan Virtual Relity adalah bidang Sain Dasar, Ilmu Sosial, Kesehatan dan juga Kedokteran.

Sementara penggunaan Virtual Reality masih sering diterapkan pada desktop dalam pembelajaran berbasis inkuiri. Selain itu intervensi Virtual Reality imersif yang biasanya dikenakan pada kepala sudah menunjukkan peningkatan pembelajaran langsung.

 

Baca : Nadiem Makarem Pastikan Frasa Agama Masuk Peta Jalan Pendidikan

Virtual Reality memberikan kesan dalam suasana pembelajaran yang sesungguhnya. Hal tersebut berdampak positif terhadap temuan dilapangan. Peningkatan kedisiplinan, tingkat imersi dan desain pembelajaran adalah salah satu objek yang menunjukkan peningkatan.

 

Penelitian ini menggambarkan beberapa implikasi praktis untuk para pengajar di sekolah dan universitas. Peneliti pun mengusulkan agenda lebih lanjut untuk penelitian tentang penggunaan VR di dunia pendidikan di masa depan.

 

Sumber : Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *