Pendidikan Vokasi Penyedia Calon Tenaga Kerja Terampil

www.siswanesia.com

Dok. Pexel

 

Ahmad Saufi Direktur Kemitraan Dan Penyelarasan Dunia Usaha Dan Dunia Industri Kemendikbud. Beliau mengatakan bahwa Pendidikan vokasi akan menjadi penyedia calon tenaka kerja yang terampil.

“Saat kita berbicara mengenai dunia vokasi, itu artinya kita sedang membicarakan lebih dari 17 ribu Lembaga Kursus dan Pelatihan, lebih dari 14 ribu Sekolah Menengah Kejuruan serta lebih dari 2.200 Politeknik dan Sekolah Tinggi Vokasi. Itu semua adalah penyedia calon tenaga kerja terampil,” kata Saufi melalui keterangan tertulis, Kamis (26/11/2020).

 

Baca : TikTok Kerjasama Ikatan Guru Indonesia Dukung Pendidikan

Kementrian Pendidikan dan kebudayaan sedang mengupayakan penggabungan antara pendidikan vokasi dengan dunia industri. Baik pendidikan vokasi negeri atau pun yang swasta.

Dalam dunia usaha dan dunia industri, menurutnya, terdapat lebih dari 5500 perusahaan besar yang memiliki aset di atas 10 milyar, terdapat lebih dari 60 ribu perusahaan menengah.

 

Baca : Kemendikbud Klarifikasi Pendidikan Masuk UU Cipta Kerja

Menurut Ahmad Saufi terdapat libih dari 5500 perusahaan besar yang memiliki asset diatas 10 miliyar dan 60 ribu perusahaan menengah. Serta 700 perusahaan kecil dan sisanya adalah usaha mikro. Usaha mikro memiliki jumlah yang sengat besar yaitu 63 Juta usaha yang masih memerlukan perhatian pemerintah.

Nantinya anak-anak dari Pendidikan vokasi dapat menjalani praktik kerja laparangan atau magang di berbagai peruhasaan menengah.

“Jadi dapat dibayangkan bila perusahaan menengah ataupun perusahaan besar tersebut berkenan menerima praktik magang dari peserta didik, betapa kuatnya vokasi di Indonesia,” tutur Saufi.

 

Baca : Nadiem Makarim Tegaskan Sekolah Tatap Muka Sifatnya Tak Wajib

 

Komponen pemangku kepentingan pendidikan, menurut Saufi, perlu melakukan link and match satuan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri.

 

Sumber : TribunNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *