PPDB 2021 Sekolah Swasta Dapat Jatah dari Sekolah Negeri

 

Kabar baik untuk seluruh sekolah swasta di Indonesia. Berita ini datang dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menurut Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPBD. Sekolah swasta dapat mengikuti Penerimaan Peserta Didik Baru tahun ajaran 2021/2022.

Menurut Chatarina Muliana Girsang Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud. Peraturan tersebut dibuat atas berbagai pertimbangan. Terutama pertimbangan yang datang dari kepada dinas pendidikan di setiap daerah.

 

Baca : Melihat Perkembangan Pendidikan Dari Teknologi Virtual Reality

Selain itu kebijakan ini akan mempermudah proses PPDB. Pasalnya siswa yang todak dapat masuk ke sekolah negeri akan langsung masuk ke sekolah swasta di daerahnya masing-masing.

Jadi, tidak ada lagi calon siswa yang mesti pusing untuk kembali mencari sekolah ketika tidak lolos di sekolah negeri. “Anak yang tidak tersalur di sekolah negeri dapat masuk ke sekolah swasta tertentu yang memiliki kualitasnya dinilai bagus oleh masyarakat,” tambahnya.

 

Baca : Nadiem Makarim Ingatkan Dosa Besar Pendidikan Yang Harus Dihapus

Peraturan ini lebih baik dari peratusan sebelumnya. Chatarina juga menerangkan bahwa dengan ini sekolah swasta tak perlu bersusah payah untuk mencari peserta didik. Dan sebaliknya sekolah negeri tak perlu memutar otak untuk menambah kapasitas sekolah untuk menampung peserta didik. Karena akan langsung diterima di sekolah swasta.

“Kalau mereka (disdik) tidak melibatkan (sekolah swasta) lalu sekolah negeri ingin menambah ruang kelas, (sekolah) swasta juga protes karena berkurang muridnya. Dan beberapa sekolah swasta mereka meminta PPDBnya juga ingin berbarengan,” pungkas dia.

 

Sumber : Jawapos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *