Unibersitas Online Indonesia Resmi Dibuka!

 

Pembelajaran dengan system daring sudah tidak asing lagi di Indonesia. Semenjak serangan pandemi sector Pendidikan dipaksa untuk menerapkan system ini. Beberapa bulan ini peserta didik mulai terbiasa dengan system seperti ini. Namun tidak semua Lembaga Pendidikan baik negeri ataupun swasta berjalan lancar dalam pembelajaran daring karena infrastruktur yang belum memadai.

Kini telah hadir Universitas yang menerapkan proses pembelajaran daring secara penuh. Universitas Siber Asia adalah Lembaga Pendidikan pertama di Indonesia yang menerapkan system daring penuh dalam kegiatan belajar mengajarnya. Universitas Siber Asia telah diremikan oleh Wakil Presiden Indonesia bapak Ma’ruf Amin, Selasa (22/9/2020).

 

Baca : Viral! Video Ospek Unesa Bentak Mahasiswa Baru

 

Bentuk Perluasan Pendidikan

Menurut Wakil Presiden Ma’ruf Amin ini adalah salah satu cara untuk memberikan akses Pendidikan tinggi seluas-luasnya dan terjangkau untuk masyarakat Indonesia.

“Universitas Siber Asia didirikan untuk memberikan akses pendidikan tinggi yang seluas-luasnya dan terjangkau kepada masyarakat,” ujar Ma’ruf dalam sambutannya.

Pak Wapres berharap dengan pendidirian Universitas Siber Asia dapat memberikan warna baru dan membawa dampak positif dalam system Pendidikan Indonesia. Terlabih lagi Indonesia merupakan negara kepulauan dengan kondisi ekonomi yang beragam.

 

Baca : Kemendikbud Singkronkan SMK Denagn D2, Sekolah Lima Tahun

 

“Pendidikan melalui sistem pembelajaran daring atau e-learning dapat menjadi sebuah pilihan bagi masyarakat untuk mengakses pendidikan tinggi,” kata Ma’ruf.

Universitas Siber Asia didirikan oleh Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK). Universitas tersebut telah disiapkan dan diluncurkan tahun 2019 oleh Menteri Ristek dan Dikti M. Nasir, kemudian mendapatkan izin untuk beroperasi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 2020.
Universitas Siber Asia memiliki rektor yang berasal dari Korea Selatan, yaitu Jang Youn Cho yang sekaligus menjadi rektor asing pertama di Indonesia.

 

Baca : 5 Syarat Pendidikan Vokasi Kolaborasi dengan Industri

 

“Dengan pengalaman yang dimilikinya, saya berharap Universitas Siber Asia, dapat berkolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia sehingga mampu meningkatkan mutu dan pemerataan kualitas pendidikan serta mendorong daya saing di tingkat internasional,” kata Ma’ruf.

Terakhir, Bapak Ma’ruf amin juga perpesan kepada Universitas Siber Asia agar meminiki standar pembelajaran yang seragam dengan pembelajaran konvensional. Sehingga kualitas pembelajaran serta lulusannya tetap dapat dipertahankan atau ditingkatkan.

 

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *