Program Beasiswa Sekolah di Jepang

www.siswanesia.com

Photo by Tomáš Malík from Pexels

 

Mau menempuh pendidikan di negeri sakura Jepang? Ini ini informasi yang bakal kamu butuhkan. Kementerian pendidikan, kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi (MEXT) Jepang menyiapkan beasiswa belajar disana. Program ini ditujukan kepada pelajar SMA/SMK/MA. Menurut informasi dilaman afsindonesia.org, Asia Kakehashi program in Japan telah dilaksanakan mulai dari tahun 2018. Semenjak itu program ini sudah mengirimkan sebanyak 40 siswa dari Indonesia ke Jepang. Program ini bertujuan untuk pemahaman budaya antar siswa di Asia dan Jepang.

Untuk kamu siswa SMA/SMK/MA yang aktif serta berprestasi disekolah baik prestasi akademik ataupun non akademik, bisa mempersiapkan diri kamu untuk mengikuti pendaftarannya.

Cakupan beasiswa

  1. Visa Jepang.
  2. Perjalanan internasional antara negara asal dan Jepang (hanya untuk satu bagasi).
  3. Perjalanan domestik: Dari dan ke kota asal, untuk Orientation dan Reorientation. Dari dan ke kota tuan rumah kamu di Jepang.
  4. Penempatan di keluarga angkat, SMA, atau asrama.
  5. Orientasi di negara asal dan di Jepang (Pre-Departure Orientation, Arrival, Mid-Year, End of Stay, and Reorientation).
  6. Program pengayaan.
  7. Asuransi kesehatan, kecuali untuk kondisi, mata, dan perawatan gigi yang sudah ada sebelumnya.
  1. Uang bulanan.

Persyaratan peserta beasiswa Siswa SMA/SMK/MA kelas 10 atau 11. Untuk program tahun 2021-2022, peserta lahir antara 1 Januari 2004 – 1 Agustus 2005. Nilai rata-rata rapor minimal B untuk semua mata pelajaran. Sedang belajar Bahasa Jepang sebagai mata pelajaran di sekolah, ekstrakurikuler, atau mendaftar kursus Bahasa Jepang terstruktur. Aktif dan berprestasi, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Persetujuan dari orangtua kandung. Persetujuan dari sekolah. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan akta kelahiran. Tinggal dan masih terdaftar di sekolah Indonesia pada saat melamar, serta masih terdaftar setelah program selesai. Sehat secara fisik dan mental untuk mengikuti program ini. Mengikuti proses seleksi yang diselenggarakan Bina Antarbudaya.

Hal-hal yang perlu disiapkan

  1. Paspor.
  2. Pemeriksaan kesehatan, tapi tidak terbatas pada tes TB.
  3. Imunisasi dan vaksinasi yang wajib.
  4. Kondisi medis dan alergi yang sudah ada sebelumnya, perawatan gigi, dan perawatan mata.
  5. Biaya kelebihan bagasi
  6. Pengeluaran pribadi dan perjalanan selama program.

 

Jika berhasil lolos mengikuti program ini, kamu berkesempatan merasakan langsung sistem pendidikan, budaya, dan kehidupan sehari-hari di Jepang.  Kamu bisa mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan dari sekarang karena pendaftaran Asia Kakehashi Program in Japan akan dibuka pada 29 Agustus hingga 13 September 2021.

Informasi lebih lengkap mengenai Asia Kakehashi program in Japan bisa dilihat di laman resmi AFS Indonesia yaitu klik disini

Tags:, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *